5 Cara Menghitung Volume Luasan Atap Baja Ringan Beserta Estimasi Biayanya

Menghitung Volume Luasan Atap Baja Ringan
Menghitung Volume Luasan Atap Baja Ringan

Taukah anda bahwa Cara menghitung volume luasan atap baja ringan sebetulnya tidak bisa dianggap remeh juga, Justru disinilah bagian yang paling penting dalam pemasangan rangka atau konstruksi pada baja ringan. Karena perhitungan yang sakha akan berpengaruh pada hasil dari konstruki itu sendiri. Disamping itu, baja ringan tidak hanya terdiri dari satu susunan saja.

Ada sistem sambungan dan juga bracing yang harus dipertimbangkan. Karena kedua hal ini berhubungan dengan kekuatan dan daya topang pada baja ringan, Jika salah sedikit saja. Maka kerobihan saat memasng atau setelahnya bisa saja terjadi.  Dan ini sangat berbahaya bagi rangka bangunan maupun tenaga ahli yang sedang mengerjakannya.

Karena selain memilih baja ringan yang berkualitas. Baja ringan juga memiliki kelemahan dalam segi kekuatan konstruksi terutama jika kurang tepat dalam perhitungan.

Lalu bagaimana cara menghitung volume luasan atap baja ringan yang tepat? Kami Toko Baja Ringan Semarang akan mengulasnya kali ini sekaligus dapat mengetahui estimasi berapa biaya yang dibutuhkan.

  1. Menentukan Sketsa Rangka Atap Atau Kanopi Baja Ringan

Sebelum memutuskan biaya pada  konstruksi atap baja ringan  yang anda miliki. Pastikan anda memilih baja ringan berkualitas dan jangan lupa memperkirakan desain dan sketsa yang anda inginkan.  Pastikan anda telah memperhitungkan bagaimana baja ringan  yang akan anda pilih.

Jika anda merasa kesulitan memperkirakan luasan atau bagaimana bentuk rangka atap baja ringan anda, Anda bisa menggunakan jasa desain interior untuk mengukur konstruksi yang anda inginkan. Desainer interior juga dapat membantu anda dalam memilih desain yang paling tepat dengan bentuk rumah anda . Atau jika anda ingin menambahkan kanopi yang tepat pada rumah anda.

Anda dapat berkonsultasi untuk mendapatkan konstruksi yang tepat untuk rumah atau teras anda. Dengan menggunakan jasa desainer interior perkiraan desain dan bahan yang tepat dapat membantu anda memperkirakan biaya dan juga model yang sesuai untuk anda dan rumah anda.

  • Menentukan Bahan dan Bujet

Setelah anda berkonsultasi dengan ahli atau mendapatkan bantuan dari desainer interior. Maka hal lain yang harus anda lakukan adalah menentukan bahan yang tepat. Bukan hanya bahan yang berkualitas baik. Namun juga bahan yang tepat dan sesuai dengan bujet yang anda miliki.  Meski memiliki bujet yang terbatas. Usahakan anda tetap memilih baja ringan dengan kualitas yang baik dan juga berstandar SNI. Saat berkonsultasi dengan desain interior dan menyesuaikan bujet serta desain atau warna yang anda harapkan.

Anda juga bisa mengandalkan masukan dari desainer interior tentang merek baja ringan yang tepat untuk rumah  atau teras anda. Dengan memilih baja ringan yang berkualitas baik dan bermerek SNI akan menhidarkan anda dari kerusakan yang bisa saja terjadi pada rangka atap anda.

Karena dengan begitu konstruksi baja ringan anda akan terhindar dari kemungkinan roboh setiap saat atau mengalami kerusakan lain seperti korosi, rapuh , dan tidak memiliki tegangan tinggi. Jika baja ringan kehilangan daya tegangannya. Maka baja tersebut akan mudah roboh bahkan mudah tertiup angin . ada 5 jenis baja ringan yang memiliki standar SNI  diantaranya adalah Taso, Andal Prima .Truss, Cilegon Steel dan juga BMT .

Baja ringan berSNI biasanya memudahkan kita mendapatkan jumalh baja ringan yang dibutuhkan . Jadi kebuthna baja tidak berlebihan dan juga tidak sampau kakurangan yaitu  dengan cara menghitung volume luasan atap baja ringan menjadi lebih mudah karena ukuran dan besaran baja ringan berSNI biasanya  sudah disesuaikan dengan potongan dan juga  ukuran pre fabrikasi yang memudahkan tenaga ahli konstruksi untuk menghitung dan memasangnya. Sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

  • Memilih Tenaga Ahli Yang Tepat

Bisa dikatakan tenaga ahli dan juga teknisi konstruksi adalah kunci dari hasil yang memuaskan dari konstruksi rangka atap baja ringan. Entah anda sedang memasang baja ringan dalam bentuk kanopi, rangka atap atau material lain di rumah anda.

Karena bisa dikatakan teknisi akan mempersingkat pekerjaan konstruksi yang sedang anda kerjakan. Disamping itu  pemilihan tenaga ahli juga akan meminimalisir kerusakan dan juga kegagalan dari kontruksi rangka atap baja ringan  yang dipasang. Karena biasanya dengan cara menghitung volume luasan atap baja ringan dengan  tepat kerobohan pada atap baja ringan tidak akan terjadi .

Hal ini harus benar- benar di perhatikan.  Karena meski telah memilih bahan baja ringan dengan kualitas tinggi dan juga bergaransi. Tapi jika tidak di sertai tenaga ahli yang profesional di bIdang ini maka semuanya akan  sia-sia saja. Pastikan anda memilih  jasa pemasangan atap baja ringan yang tepat dan berkualitas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Baca juga kelebihan dan kekurangan baja ringan.

  • Menghitung Luas Atap dan Perkiraan Biaya

Misalnya saja ukuran luas rumah adalah 6X 10 m. Setiap atap memiliki overstock sebesar 0.5 m di sisi kanan, kiri, depan dan belakang. Bila sudut kemiringan atap adalah 30 derajat, maka luas atap rumah (LAR) adalah :

LAR = panjang x lebar/cosines derajat kemiringan atap

        =(6m +overstock kanan kiri 1m ) X (10 m +overstock depan belakang 1 m)/ cos 30

        = 7m X 11 m :cos 30 = 77 m2 :0,866

LAR= 88, 92 M2

  • Menghitung Biaya Rangka Atap

Menghitung biaya total rangka atap baja ringan pada tahap ini kita harus mengetahui berapa kisaran harga baja ringan dan harga genteng pilihan kita. Misalnya harga baja ringan setebal 1 mm saat ini adalah Rp.150ribu/m2. Sedangkan harga genteng metal adalah Rp 100 ribu /m2 .Jadi total biaya baja ringan adalah:

=( LAR x harga baja ringan per m2)+(LAR X harga penutup atap rangka per m2

=(88,92 m2 x Rp/ 140.000 )+ (88.92 m2 x Rp.100.000)

=Rp. 12.448.800+ Rp. 8.892.000

= Rp.22. 230.000 Jadi total biaya rangka atap baja ringan untuk rumah 6X10 m2 adalah Rp. 22 juta 230 ribu.

Itulah 5 Cara menghitung volume luasan atap baja ringan ringan diatas  adalah cara yang bisa anda gunakan untuk mencapai luasan yang tepat saat memasang rangka atap baja ringan. Baik untuk rangka atap maupun sekedar kanopi teras rumah. Jika anda merasa kesulitan melakukan pengukuran atau memilih bahan yang tepat untuk rangka atap anda.

Anda bisa memanfaatkan jasa desainer interior yang pasti akan membantu anda melakukan pengukuran pada rangka atap anda. Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa mendapatkan kemudahan dalam memilih bahan, desain sampai warna atap pada rangka yang akan di pasang. Lebih mudah bukan?.

Atau anda tidak mau repot repot? Anda bisa juga menghubungi toko baja ringan semarang kami Hidupbarusejahtera.com. Kami akan ajari juga cara memang rangka baja ringan yang baik dan benar. Dengan membeli produk produk kami seperti baja ringan dan lain sebagainya anda akan mendapatkan gratis konsultasi penghitungan kebutuhan rangka atap anda. Tunggu apalagi segera hubungi kami di 0813-1159-0790

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *