Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan

cara memasnag rangka atap baja ringan

Bagaimana Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan Yang Tepat ? Berikut7 Hal Yang Harus Diperhatikan

Cara memasang rangka atap baja ringan terbilang susah- susah gampang. Seperti yang anda tahu bahwa hampir semua bangunan sekarang lebih banyak didominasi oleh bahan baja ringan. Entah itu toko, rumah, ruko bahkan rangka atap. Sekarang lebih banyak memakai baja ringan.

Hal ini cukup wajar jika pada akhirnya toko baja ringan Semarang menggantikan kayu sebgai pilihan bahan bangunan. Selain karena kayu rentan akan lapuk dan juga dimakan rayap. Harga kayu pun saat ini semakin mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Sehingga sangat beralasan jika banyak orang yang mulai mencari alternatif lain seperti baja ringan untuk menggantikan kayu.

Selain kuat dan awet. Baja ringan juga memiliki kekuatan yang sangat kokoh pemasangannya pun juga mudah. Meski begitu jangan salah. Meski terlihat mudah. Pemasangan atap baja ringan pun terbilang susah- susah gampang karena tidak bisa juga dianggap sepele. Salah sedikit saja , maka rangka tersebut dapat robih keseluruhannya.  Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Perhatikan 6 hal ini saat memasang rangka  atap baja ringan.

  • Jenis Baja Ringan

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pemilihan baja ringan yang tepat. Untuk mendapatkan kualitas rangka baja ringan dan bisa tepat dipasang  pada rangka yang anda inginkan. Pastikan anda memilih baja ringan yang bermerek SNI seperti ada 5 jenis baja ringan yang memiliki standar SNI  diantaranya adalah Taso, Andal Prima .Truss, Cilegon Steel dan juga BMT.

Kemudian jika anda memilih baja ringan dengan atapnya, Pastikan anda  memilih baja ringan dengan jenis  atap spandek, atap go green. Atap policabonate, atau atap polycabornate x lite.   Merek  yang direkomendasikan telah memiliki stnadar SNi dan juga aman digunakan karena memiliki daya topang dan daya beban yang baik. Cara Memasang rangka atap baja ringan berkualitas dengan merek yang telah disebutkan pun telah teruji lebih aman. Karena daya tarik dan daya topangnya dapat menahan beban dengan baik. Sehingga jarang sekali mengalami kerobohan tiba-tiba.

  • Sistem Kesatuan Baja Ringan

Jika kita bicara soal baja ringan dan rangkanya. Maka sistem eksatuan pada rangka atap adalah pusat dari rangka atap itu sendiri. Karena ini adalah kunci yang paling utama. Bisa dikatakan ini adaah kunci utama integrasi seluruh sambungan rangka atap baja ringan. Jika sistem kesatuan ini tidak memiliki kekuatan yang baik. Maka saat terjadi kesalahan kecil saja maka akbiany akan sangat fatal dan  semua rangka atap baja ringan anda akan roboh tak bersisa.

  • Perhatikan Beban Baja Ringan

Selain memperhatikan jenis rangka baja dan jenis atap yang dipilih. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah bena pada  baja ringan nantinya. Seberapa besar rangkanya dan apakah rangka anda dapat menahan beban atap yang akan dipasang nantinya. Meski tidak ada ukuran dan estimasi pasti dari beban atap yang digunakan pada atap  baja ringan. Anda dapat menentukannya dari banyak dan jenis atap yang dipakai serta jumlahnya. Sehingga atap baja tidak berlebihan menopang beban nantinya.

  • Kemiringan Baja Ringan

Saat memasang baja ringan kemiringan baja ringan harus benar benar di perhatikan. Setidaknya rangka atap baja ringan anda harus ada pada kemiringan  sekita 25 hingga 30 derajat untuk menjaga beban pada baja ringan dan juga membuat rangka tersebut lebih terlihat ideal dan  seimbang.  Kemiringan ini juga mendukung beban pada atap agar dapat ditopang dengan sempurna sehingga keamanan rangka juga terjaga.

  • Perhatikan Bracing Baja Ringan

Cara memasang rangka atap baja ringan dibandingkan dengan baja konvensional  sangatlah berbeda. Terutama pada bagian bracingnya.  Karena ketepatan dan kualitas bracng yang baik akan menentukan kekuatan baja ringan. Semua ini tergantung dengan jasa pemasangan baja ringan semarang yang anda akan gunakan. apakah mereka berpengalaman atau tidak.

Tapi inilah yang  paling utama dan menjadi tolok ukur kekuatan baja ringan.  Meski lebih fleksibel dari baja konvensional.  Baja ringan memiliki tingkat kekuatan dan daya topang yang jauh lebih baik dari baja biasa.  Tapi meski begitu. Jika tidak didukung dengan bracing (penyangga) yang baik maka semuanya akan sia- sia. 

Namun hal ini bisa menjadi keuntungan sekaligus kerugian. Karena jika tidak mendapatkan bracing atau penyangga yang tepat. Maka atap atau konstruksi baja ringan apapun akan jadi mudah roboh dan jatuh karena tegangannya yang rendah dan longgar.

Untuk itu saat membeli baja ringan atau baja karbon pastikan baja ringan anda dilengkapi bracing yang tepat dan juga berkualitas sama dengan baja yang anda pilih. Karena baja ringan yang baik akan memiliki bracing yang juga sama  berkualitas nya.

Lapisan Anti Karat Untuk Pemasangan Baja Ringan Untuk Kanopi

Cara memasang rangka atap baja ringan untuk kanopi yang tepat juga dipengaruhi oleh lapisan coating antikarat yang ada pada baja ringan tersebut.

Setelah mendapatkan baja ringan dengan kualitas SNI yang perlu anda lakukan adalah memilih baja ringan dengan lapisan karat yang baik. Lapisan karat ini akan sangat anda butuhan saat proses pemasangan karena dapat melindungi baja ringan anda dari karat yang mungkin terjadi.

Lapisan anti karat yang ada pada baja ringan biasanya terdiri dari dua  lapisan yang zinc (galvanis) dan juga alumunium (zinc galvalum). Biasanya yang dijual dipasaran adalah zinc yang tahan pada semen. Namun tidak tahan pada garam. Tapi untuk gavalum lebih tahan pada zat korosif sehingga lebih banyak dipilih sebagai rangka atap.   Lapisan ini pun biasanya ada pada skala 100-150 gr/m perseginya. Lapisan dengan ketebalan tersebut pun dianggap sudah  sangat tepat dan memenuhi standar.

Lapisan  karat juga menjadi salah satu tolok ukur untuk kualitas rangka atap baja ringan.  Karena selain tegangan , lapisan ini bisa jadi penentu ketahanan baja saat sudah dipasang. 

  • Tenaga Ahli Yang Memasang

BIsa dikatakan tenaga ahli dan juga teknisi konstruksi adalah kunci dari hasil yang memuaskan dari konstruksi rangka atap baja ringan. Entah anda sedang memasang baja ringan dalam bentuk kanopi, rangka atap atau material lain di rumah anda.

Karena bisa dikatakan teknisi akan mempersingkat pekerjaan konstruksi yang sedang anda kerjakan. Disamping itu  pemilihan tenaga ahli juga akan meminimalisir kerusakan dan juga kegagalan dari kontruksi rangka atap baja ringan  yang dipasang. Karena biasanya masalah utama yang dihadapi saat pemasangan atap dan kanopi baja ringan adalah kerobohan mendadak.

Hal ini sangat sering terjadi karena meski telah memilih bahan baja ringan dengan kuaitas tinggi dan juga bergaransi. Tapi jika tidak di sertai tenaga ahli yang profesional di bIdang ini maka semuanya akan  sia-sia saja. Pastikan anda memilih  jasa pemasangan atap baja ringan yang tepat dan berkualitas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Itulah 7  hal yang harus anda perhatikan saat akan memasang rangka atap baja ringan  yang tepat. Meski cara memasang rangka atap baja ringan terbilang mudah bagi tenaga ahli yang sudah terlatih namun jika tidak diikuti pemilihan baja ringan yang baik , bracing yang berkualitas dan juga hal lainnya. Maka rangka baja yang diharapkan pun tidak akan terpasang dengan tepat dan sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *