7 Kelebihan dan Kekurangan Atap Baja Ringan

kelebihan-dan-kekurangan-rangka-atap-baja-ringan
kelebihan-dan-kekurangan-rangka-atap-baja-ringan

Seperti  yang anda ketahui bahwa material bangunan yang baru- baru ini cukup banyak diburu dan dicari adalah baja ringan . Bisa dikatakan kalau baja ringan sedang  menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan bahan bangunan . Terutama untuk bagian atap dan juga teras. Dengan segala kelebihan dan kekurangan atap  baja ringan.

Dari mulai segi harga, kualitas dan juga daya tahannya. Nyatanya material ini masih tetap diminati oleh banyak orang.  Secara garis besar. Peran baja ringan sudah mulai menggantikan kayu sebagai bahan baku atap dan juga teras rumah. Meski tidak semuanya. Tapi baja ringan sudah hampir menguasai pasar bahan bangunan yang sebelumnya di dominasi kayu solid selama beberapa tahun terakhir.

Kelebihan Dan Kekurangan  Atap Dengan Material Baja Ringan

Pada artikel kita saat ini Toko baja ringan semarang akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan baja ringan. Tidak memungkiri lagi jika material ini kini sudah semakin menggeser kayu sebagai bahan utama atap rumah. Kayu yang biasanya digunakan sebagai bahan utama rangka atap rumah sudah mulai sulit dicari, Sehingga banyak orang yang mulai beralih menggunakan baja ringan sebagai penggantinya. Dengan harga yang relatif hampir sama. Baja ringan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang tidak dimiliki kayu. Yang membuat baja ringanĀ  semakin diminati.

Kelebihan Baja Ringan

Sebagai bahan yang memiliki nilai harga yang cukup tinggi hingga menyamai harga kayu. Baja ringan memiliki banyak sekali kelebihan yang membuatnya disukai banyak orang. Baja ringan tidak hanya menawarkan kualitas tapi juga desain bahan yang bisa menyesuaikan banyak bentuk rumah. Selain memiliki warna netral  baja ringan juga memiliki tampilan yang bagus dan terkesan mewah. Sehingga wajar jika material satu ini memiliki banyak penggemar. Lalu selain kelebihan tampilannya. Apa saja kelebihan lainnya.

  • Mudah dipasang

Baja ringan bisa dibilang paling disukai karena kemudahannya saat dipasang. Hal ini membuat baja ringan  bisa mempercepat pemasangan atap pada rumah .  Rangka atap pada baja ringan juga tidak terlalu berat. Sehingga tumpuan rangka yang digunakan pun menjadi tidak terlalu banyak.

Pada atap konvensional, waktu yang dibutuhkan dalam proses pemasangan  memiliki waktu yang jauh lebih lama daripada atap yang menggunakan rangka dari  baja ringan.  Sehingga pengerjaan atap biasanya di lakukan pada akhir pembangunan rumah, Namun dengan adanya baja ringan.

Atap rumah bisa dikerjakan lebih cepat dan bisa di cicil separuh bagian rumah. Dan ini membuat proses pembangunan keseluruhan rumah lebih cepat. Kelebihan dan kekurangan atap baja ringan  dalam hal pemasangan tidak berarti bahan ini sulit di pasang. Tapi justru sebaliknya.

  • Dapat Didaur Ulang

Baja ringan meski memiliki harga yang cukup tidak murah. Namun material ini memiliki kelebihan lain yaitu mudah di daur ulang.  Makusnya adalah jika anda telah mengganti salah satu bagian rangka pada atap anda; Anda tidak perlu membuang atau menghancurkan sisa baja ringan yang anda miliki. Yaitu  material ini bisa didaur ulang untuk dijual dan digunakan kembali untuk bahan lain.

Artinya jika anda memiliki sisa bahan baja ringan anda bisa menjualnya dan menjadikannya peluang bisnis yang cukup potensial. Sisa baja ringan yang pre fabrikasi atau yang dalam berbentuk lembaran yang tidak digunakan dapat dijual kembali dan digunakan sebagai bahan kios street food. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak kios makanan  yang dibangun mengunakan baja ringan sebagai bahan bakunya. Karena ini dianggap lebih murah dan efisien.

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Baja ringan selain menawarkan desain yang cukup minimalis dan juga memang identik dengan rumah minimalis. Material ini memiliki ketahanan yang cukup bagus dan bisa diandalkan. Itulah mengapa  baja ringan selalu digunakan untuk material model perumahan minimalis karena menghemat waktu dan juga lebih efisien. Meski harganya menyamai material kayu , bahan ini memang benar- benar menawarkan kelebihan dan kualitas yang sangat beralasan. 

  • Lebih Ringan dari Baja Konvensional atau Kayu

Kelebihan dan kekurangan atap baja ringan yang lainnya adalah, material ini memiliki berat yang lebih ringan dari baja konvensional dengan harga yang sama. Sehingga  menyebabkan baja ringan menjadi lebih mudah dipasang dan digunakan sebagai tumpuan rangka atap. Hal ini juga menyebabkan teras dari baja ringan memiliki waktu pengerjaan yang jauh lebih cepat dari jenis material lainnya.  Bahkan pemasangan baja ringan bisa dikatakan tidak terlalu menyita banyak waktu jika perhitunggannya tepat.

  • Tahan Api

Baja ringan selain awet dan juga tahan lama. Kualitas lain yang ditawarkan baja ringan dengan harga yang sama adalah bahwa material ini telah teruji ketahanannya pada api. Jika kayu memang memiliki aura yag terkesan wah tapi sayangnya kayu sma sekali tidak memilki kualitas tahan api seperti baja ringan. Sehingga secara ketahanan baja ringan memang satu level diatas kayu dalam segi keamanan.

kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan
Kekurangan Baja Ringan

 Kekurangan Baja Ringan

  • Mudah Roboh dan Mudah Tertiup Angin

Dalam  segi kelebihan dan kekurangan atap baja ringan pemasangan baja ringan. Material ini memang memiliki kelebihan mudah dan fleksibel dalam segi pemasangan. Namun baja ringan memiliki ketahanan yang cukup lemah untuk ukuran bahan bangunan yang memang memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan baja ringan memiliki harga yang hampir mendekati harga kayu solid.

Tetapi hal ini tetap tidak membuat baja ringan memiliki pertahanan yang cukup kuat dalam hal menghadapi angin. Kemudian baja ringan juga cukup mudah roboh jika tidak benar- benar teliti dalam segi pemasangan. Artinya anda harus benar- benar memakai tenaga ahli saat memasang material ini untuk menghindari roboh tiba- tiba.

  • Bisa berubah berantakan dan Tidak Tahan Korosi

Selain mudah roboh dan mudah tertiup angin. Baja ringan juga memiliki kelemahan lainnya jika kurang memperhatikan dalam segi pemasangan . Yaitu mudah sekali berantakan dan juga mudah sekali rusak.

Mungkin atap dari baja ringan memang memiliki tingkat keselamatan yang tinggi karena terbukti tahan api dan juga lebih awet. Namun faktanya baja ringan sangat mudah mengalami korosi atau yang awamnya disebut karat. Hal ini sangat wajar karena bahan dasarnya yang terbuat dari bahan dasar besi.

Sehingga cuaca, dan kelembaban serta bahan bangunan lain dapat menyebabkan baja ringan mengalami korosi. Tapi hal ini buka tidak dapat di hindari . Jika anda telah memakai baja ringan sebagai rangka atap . Anda harus melakukan pengecekan selama 2 sampai 5 tahun sekali untuk menegcek ketahanan juga mengganti bagian yang mengalami korosi. Hal ini juga demi menjaga keselamatan anda dan keluarga dari kerobohan tiba- tiba yang sering terjadi pada atap.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan atap baja ringan yang dapat anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli bahan yang satu ini. Sehingga anda dapat lebih berhati- hati lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *